News and Article

ADIPURA 2010

Setelah melalui proses penilaian dan verivikasi pada akhirnya masyarakat Kota Pangkalpinang boleh berbangga hati dengan diraihnya kembali Piala Adipura yang ke-4 kalinya. Piala Adipura ini diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diterima oleh Walikota Pangkalpinang  Drs H. Zulkarnain Karim MM di Istana Negara pada tanggal 8 Juni 2010 bertepatan dengan peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Baca Selanjutnya

SATWANKAR 2010

Pada tanggal 22-23 April 2010 Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota Pangkalpinang melalui Bidang Pemadam Kebakaran melakukan kegiatan Rektrutmen Satuan Relawan Kebakaran (Satwankar) bertempat di Sherata Terace Hotel dan Pantai Pasir Padi.

Baca Selanjutnya

PEMKOT PANGKALPINANG BANGUN TPA PARIT ENAM

Pangkalpinang, 3/3 (Antara/FINROLL News) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), menganggarkan Rp3,2 miliar untuk membangun tempat pembuangan akhir (TPA) sampah dan peralatan pengolahan sampah di kota itu.

Baca Selanjutnya

EMPAT RUKO LUDES

KEBAKARAN RUKO – Tim identifikasi Polresta Pangkalpinang melakukan olah TKP kebakaran di Jalan A Yani Pangkalpinang, Jumat (27/11). Dalam kebakaran tersebut dari lima ruko, hanya satu yang tidak terkena.

PANGKALPINANG, BANGKA POS – Si jago merah kembali mengamuk. Empat rumah toko (ruko) beserta isinya di Jalan A Yani, Pangkalpinang tak bisa diselamatkan dari amukan api pada Jumat (27/11) dini hari menjelang Idul Adha. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materil diperkirakan ratusan juta rupiah. Seorang warga yang mendiami salah satu kos di ruko itu sempat terperangkap, namun akhirnya selamat setelah terjun dari lantai dua dan disambut sejumlah warga di bawahnya.Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan si jago merah yang mengamuk dini hari itu. Namun kobaran api dengan cepat melumat bangunan dan barang-barang di dalamnya.

Baca Selanjutnya

Rumah Juragan Petasan Ludes Dilahap Api

Minggu, 11 Oktober 2009 – 16:27 wib

PANGKALPINANG – Teledor saat menyimpan petasan dan kembang api, seorang pedagang petasan di Bangka Belitung harus kehilangan rumahnya. Diduga, petasan dan kembang api meledak karena suhu udara tinggi di dalam rumah. Akibat kejadian ini, seorang warga tidak sadarkan diri  karena terjatuh saat memadamkan api dari atas atap rumah yang terbakar.
Maryati hanya bisa menangisi keadaan rumahnya di kawasan Kacang Pedang yang sudah habis terbakar karena dilahap si jago merah. Kebakaran terjadi saat keluarga Maryati sedang tidur dan terbangun karena dikagetkan oleh suara ledakan dari salah satu ruangan tempat penyimpanan petasan dan kembang api, Minggu (11/10/2009).Warga yang mengetahui terjadinya kebakaran ini pun bergotong-royong memadamkan api. Seorang warga yang turut membantu memadamkan api terjatuh dari atas atap saat hendak menyiram kobaran api. Korban pun ditolong oleh warga dan dilarikan ke Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang.
Pemadam kebakaran Pemkot Pangkalpinang yang datang setegah jam setelah kejadian pun turut berjibaku dibantu dengan warga sekitar untuk memadamkan api. Setelah hampir dua jam, petugas pemadam kebakaran yang dibantu warga, akhirnya bisa memadamkan api.

Waspada Kebakaran di Pangkalpinang

Selasa, 8 September 2009 | 00:47 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com –

Warga Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel) diminta mewaspadai terjadinya musibah kebakaran akibat musim kemarau yang melanda kota itu dalam sebulan terakhir.

“Warga diminta waspada dan hati-hati terjadinya musibah kebakaran akibat musim panas dalam sebulan terakhir,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang, Erwin Romel di Pangkalpinang, Senin (7/9).

Baca Selanjutnya

Berita Terkait

Babel Rawan Kebakaran

Bangka Pos/Agus N

ERWIN ROMEL Kepala Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota Pangkalpinang

PANGKALPINANG, BANGKA POS – Masyarakat Bangka Belitung harus berhati-hati pada musim kemarau seperti sekarang ini. Karena ternyata daerah ini rawan kebakaran. Hasil parameter cuaca, Babel dalam kondisi sangat kering, sehingga lahan akan sangat mudah terbakar.

“Sudah beberapa hari ini hasil risk BMG (badan meteorologi geofisika) Babel termasuk daerah dengan risiko sangat tinggi. Dari peta, secara parameter cuaca dapat disimpulkan Babel kondisinya sangat kering,” ungkap Koordinasi Kelompok Analisa dan Prakiraan BMKG Pangkalpinang, Supari kepada Bangka Pos Group, Jumat (11/9) siang.

Baca Selanjutnya

SELAMA RAMADHAN 31 HUTAN DI PANGKALPINANG TERBAKAR

Thursday, 17 September 2009 06:01 –
Terhitung awal Ramadhan hingga H-5 Idul Fitri 1430 Hijriah, sebanyak 31 hutan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) terbakar akibat musim kemarau panjang. Pangkalpinang, 16/9 (Antara/FINROLL News) – Terhitung awal Ramadhan hingga H-5 Idul Fitri 1430 Hijriah, sebanyak 31 hutan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung  Babel) terbakar akibat musim kemarau panjang.


Baca Selanjutnya

Kebakaran di Belakang Polda Babel

PANGKALPINANG, BANGKA POS — Kebakaran di belakang Polda Babel, Rabu (7/10) sekitar pukul 15.15 WIB sudah mendekati gudang penyimpanan amunisi dan barang bukti Direktorat Reskrim. Pemadaman manual menggunakan ranting kayu oleh anggota Polda tak mampu lagi menghalau laju api. Untung saja, tak lama kemudian datang dua unit mobil water canon Direktorat Samapta dibantu empat mobil pemadam kebakaran Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota Pangkalpinang. Setelah bahu membahu, berselang beberapa saat api dapat dikuasai sehingga gudang penyimpanan amunisi dan barang bukti pun aman. Informasi yang dihimpun harian ini, api bermula dari pembakaran sampah. Entah bagaimana api terus merembet ke ilalang dan pohon akasia yang sudah meranggas sehingga makin membesar mendekati Polda Babel. Selain gudang penyimpanan amunisi dan barang bukti, di deretan tersebut terdapat ruang identifikasi, ruang Satuan I Pidum dan Ruang Satuan III Tipikor Ditreskrim. Seraya menunggu datangnya mobil pemadam kebakaran, puluhan personil diturunkan untuk melakukan pemadaman secara manual. Dua mobil water canon Direktorat Samapta dan empat mobil pemadam kebakaran Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota Pangkalpinang menuntaskan segalanya. “Saat mendapat informasi ada kebakaran di belakang Polda, langsung kami turunkan tim untuk melakukan pemadaman, syukurlah semuanya bisa diatasi,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Kebakaran Pangkalpinang, Erwin Rommel yang langsung turun ke lapangan, Rabu (7/1). Dalam kesempatan itu, Erwin mengimbau kepada semua pihak untuk berhatihati termasuk saat membakar sampah. Apalagi, katanya, pada musim kemarau ini mobil pemadam kebakaran kesulitan mendapatkan air. “Untung masih ada kolong Bacang dan PDAM, kolong lainnya sudah nyaris kering,” kata Erwin. (rya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: