EMPAT RUKO LUDES

KEBAKARAN RUKO – Tim identifikasi Polresta Pangkalpinang melakukan olah TKP kebakaran di Jalan A Yani Pangkalpinang, Jumat (27/11). Dalam kebakaran tersebut dari lima ruko, hanya satu yang tidak terkena.

PANGKALPINANG, BANGKA POS – Si jago merah kembali mengamuk. Empat rumah toko (ruko) beserta isinya di Jalan A Yani, Pangkalpinang tak bisa diselamatkan dari amukan api pada Jumat (27/11) dini hari menjelang Idul Adha. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materil diperkirakan ratusan juta rupiah. Seorang warga yang mendiami salah satu kos di ruko itu sempat terperangkap, namun akhirnya selamat setelah terjun dari lantai dua dan disambut sejumlah warga di bawahnya.Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan si jago merah yang mengamuk dini hari itu. Namun kobaran api dengan cepat melumat bangunan dan barang-barang di dalamnya.

Keempat toko yang terbakar tersebut yakni satu ruko nasi uduk, tempat penjualan tiket, toko sepatu ‘Ciamis’ dan konter handphone, sedangkan ruko bubur ayam beruntung dapat terselamatkan. Selain ruko, di bangunan itu juga terdapat lima kamar kos. “Dari lima petak, cuma ruko bubur ayam yang tidak kena,” kata Jawa Wijaya (39), pemilik ruko yang terbakar, kepada Bangka Pos Group, Jumat pagi. Jaya Wijaya seperti tak percaya melihat rukonya tinggal puing-puing. Kerugian yang ditanggungnya akibat musibah ini cukup besar.

Kapolresta AKBP Margiyanta melalui Kasat Reskrim AKp Eko Novan mengatakan kasus kebakaran ini masih dalam penyelidikan. “Penyebabnya kebakaran untuk sementara karena konsleting arus pendek, diduga pada kulkas minuman pemilik ruko,” ujar Eko Novan. Jaya Wijaya mengakui penyebab kebakaran tersebut karena konsleting arus listrik pada kulkas minuman yang digunakannya. “Kulkas itu pas saya hidup lampunya tidak menyala dan suaranya agak kasar. Tapi saya biarkan saja. Sekitar pukul 02.00 WIB waktu saya sedang tidur di kamar rasanya panas, pas saya lihat asap sudah penuh di dalam rumah,” kata Jaya Wijaya sembari membersihkan puing sisa-sisa kebakaran. Karena titik kebakaran pertama tersebut dekat dengan barang yang mudah terbakar seperti kertas dan tumpukan sepatu yang dijual, api sangat cepat menjalar hingga ke atap rumah. Jaya Wijaya tidak sempat lagi menyelamatkan harta benda di dalam tokonya, ia hanya menyelamatkan anggota keluarganya yang masih tidur di dalam. “Dak mikir barang lagi lah mas, yang penting nyawa dulu selamat. Kalau harta bisa dicari,” tukas Jaya Wijaya dengan tangan kehitam-hitaman serta pakaiannya yang basah oleh peluh dan air bekas siraman air pemadam kebakaran.

Penghuni kos yang sempat terperangkap di atas, Jean Manik (35) tidak dapat menembus tangga masuk ketika hendak menyelamatkan diri. Ia terpaksa harus melompat dari lantai dua. “Waktu kebakaran tadi, satu anak kos yang lompat dari lantai dua, tapi selamat dan tidak mengalami luka apapun karena di bawah dia disambut oleh warga,” ujar Saidi (59), warga yang datang menolong.

Dua Kali Isi Air

Kebakaran hebat yang menimpa empat unit ruko di Toko Ciamis jalan A Yani Pangkalpinang, cukup merepotkan jajaran Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang. Untuk memadamkan api, dinas tersebut mengerahkan tiga unit armada mobil pemadam kebakaran yang mereka miliki. Ketiga mobil ini bahkan terpaksa melakukan dua kali pengisian air untuk memadamkan api yang berkobar. “Luar biasa sekali kebakarannya. Apinya besar sekali dan baru berhasil dipadamkan hampir dua jam. Tadi mobil kita sempat dua kali mengisi air,” ungkap Kabid Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang, Suharto. Ditanya mengenai penyebab terjadinya kebakaran, Suharto mengatakan kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik (konsleting). “Tadi kita lihat juga polisi bawa kulkas (sumber percikan api-red) dari lokasi,” ujarnya.
Ditanya mengenai kebakaran di Pangkalpinang selama bulan November, Suharto mengatakan untuk November hanya terjadi tiga peristiwa yaitu kebakaran hutan di Ketapang, kebakaran gardu listrik di depan Puncak dan terakhir yang terbesar kebakaran di Ruko Ciamis jalan Ahmad Yani. (j1/wan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: