PEMKOT PANGKALPINANG BANGUN TPA PARIT ENAM

Pangkalpinang, 3/3 (Antara/FINROLL News) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), menganggarkan Rp3,2 miliar untuk membangun tempat pembuangan akhir (TPA) sampah dan peralatan pengolahan sampah di kota itu.

“Pembangunan TPA dan peralatan pengolahan sampah yang menghabiskan dana sebesar Rp3,2 miliar tersebut penyerahannya telah ditandatangani Wali Kota Pangkalpinang yang kemudian menjadi aset Pemkot Pangkalpinang,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota Pangkalpinang, Erwin Romel di Pangkalpinang, Rabu.
Ia mengatakan, pembangunan TPA dan peralatan pengolahan sampah dilakukan pihak Pemerintah Provinsi Babel dengan mengunakan APBN yang pengelolaannya diserahkan kepada Pemkot Pangkalpinang.
“Anggaran pembangunan TPA dan peralatan itu adalah untukj pembelian PC seharga sebesar Rp1,6 miliar, buldozer dan pembangunan TPA di setiap kecamatan dan kelurahan di Kota Pangkalpinang,” ujarnya.
Menurut dia, sampah di Pasar Pagi dan Kelurahan Parit Enam, menyebabkan anjloknya penilaian skor Adipura 2010 dikarenakan tidak ada tempat pembuangan sampah.
Selain pembenahan di Pasar Pagi dan TPA, Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota Pangkalpinang juga melakukan rehab tempat sampah yang mengalami kerusakan.
“Tempat sampah yang rusak dan hilang harus diganti. Jumlah keseluruhan yang mengalami kerusakan diperkirakan sebanyak 20 persen tempat sampah,” katanya.
Ia menjelaskan, lokasi penempatan tempat sampah yang mengalami kerusakan seperti di jalan protokol, jalan sekolah, simpang lampu merah, lapangan merdeka.
“Ini semacam rehab darurat yang pembiayaannya menggunakan dana pihak ke tiga,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: