SELAMA RAMADHAN 31 HUTAN DI PANGKALPINANG TERBAKAR

Thursday, 17 September 2009 06:01 –
Terhitung awal Ramadhan hingga H-5 Idul Fitri 1430 Hijriah, sebanyak 31 hutan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) terbakar akibat musim kemarau panjang. Pangkalpinang, 16/9 (Antara/FINROLL News) – Terhitung awal Ramadhan hingga H-5 Idul
Fitri 1430 Hijriah, sebanyak 31 hutan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung  Babel) terbakar akibat musim kemarau panjang.
Kabid Kebakaran pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang, Suharto di Pangkalpinang, Rabu, mengatakan, sebanyak 31 hutan yang terbakar akibat pembakaran lahan yang tidak terkendali, api rokok, mercun dan kembang api. “Kami cukup kewalahan memadamkan kebakaran itu, apalagi dalam sehari ada empat hutan yang terbakar,” ujarnya. Ia mengatakan, rata-rata hutan yang terbakar adalah hutan semak belukar yang berdekatan  dengan pemukiman penduduk. Petugas kebakaran harus meningkatkan percepatan dalam menangani kebakaran itu supaya tidak merambat ke rumah-rumah penduduk hutan itu. “Tim kebakaran harus cekatan dan cepat memadamkan api itu, karena kalau tidak api bisa merambat ke rumah-rumah penduduk apalagi ditambah tiupan angin yang cukup kencang,” ujarnya.
Jumlah petugas kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang sebanyak 20 orang yang dibagi menjadi empat tim didukung tiga mobil kebakaran jenis fire chip berkapasitas 8.000 liter air. “Saat ini kami terkendala mobil tengki air, apabila terjadi tiga kebakaran beruntun karena dalam pengisian air pada mobil kebakaran membutuhkan waktu 30 menit hingga satu jam, belum termasuk waktu perjalanan menuju lokasi kebakaran,” ujarnya.
Namun demikian, kata dia, selama ini api bisa cepat diatasi petugas pemadam kebakaran berkat kerja sama dan profesionalisme petugas dalam memadamkan api di tiga lahan itu, sehingga api tidak menyebar ke pemukiman penduduk. “Kami berharap sekali, masyarakat jangan membuang puntung rokok dan membakar lahan karena akan sangat membahayakan dan merugikan masyarakat lainnya,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: